Dunia Aradia - Primadonna Angela




Judul : Dunia Aradia
Penulis : Primadonna Angela
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2009
Jumlah Halaman : 264














Keputusan yang tak terelakkan. Apa kita bisa melawan takdir? Atau takdir yang akan terus mengikutimu?

Sekilas, Aradia terlihat seperti perempuan biasa. Berusia pertengahan dua puluh lima, single, bekerja sebagai penerjemah paruh waktu. Tapi, di balik itu semua, Aradia ternyata adalah seorang Ratu Penyihir yang berkuasa atas seluruh penyihir di dunia. Aradia terpaksa menerima jabatan sebagai Ratu Penyihir karena kakak perempuannya sekaligus Ratu Penyihir sebelumnya, Eir, meninggal dunia. Tugas Aradia ternyata tidak mudah. Walaupun Aradia adalah ratu penyihir, dia tetap tidak bisa lepas dari drama dunia manusianya. Ada Jasper yang menyebalkan, anak Eir yang harus diurusnya;  ada ibunya yang pengatur dan tiba-tiba berusaha menjodohkan Aradia dengan orang asing, dan tentu saja kehadiran dua pria tampan, Seth dan Sylvan yang membuat Aradia bingung.

Di tengah semua itu, Aradia tetap harus menjalankan kewajibannya sebagai seorang Ratu Penyihir. Apalagi ketika dunia sihir yang damai mendapatkan ancaman dari kelompok jahat Shadowlord yang ingin menguasai kekuatan sihir. Aradia harus bertindak. Dia tidak mau dunia sihir hancur di bawah kepemimpinannya. Apa pun resikonya, Aradia akan melindungi dunia sihir, meskipun taruhannya adalah nyawanya sendiri.





Sudah lama sekali aku ngga membaca novel Indonesia karena harus menghabiskan tumpukan novel berbahasa Inggris yang semakin menggunung. Di tengah timbunan, ternyata aku menemukan buku Dunia Aradia ini yang entah sudah berapa lama ada di rak bukuku. Ternyata cerita buku ini seru sekali! Jarang-jarang bisa menemukan novel penyihir Indonesia yang digarap dengan cukup baik.

Aku suka detail-detail yang disisipkan Primadonna Angela untuk membuat dunia sihir menyatu dengan kehidupan manusia biasa. Misalnya seperti bahasa Inggris yang di buku ini disebut sebagai bahasa resmi para penyihir. Hihihi, yang satu ini keren sekali, dan tentu saja cerdik karena mantera-mantera sihir yang ditulis di sini menggunakan bahasa Inggris juga. Crossover antara dunia sihir dan kehidupan manusianya juga semakin terasa natural karena Aradia tampaknya mempraktikkan beberapa kegiatan dalam tradisi Wiccan dan bukan sekadar sihir-sihiran begitu saja. Referensi ke istilah persihiran seperti Grimoire alias The Book of Shadows, matra-mantra yang berima, tumbuhan-tumbuhan ajaib, pasti membuat penggemar dunia sihir seperti aku senang sekali membaca buku ini. Ngga cuma itu, cerita ini semakin ajaib dengan kehadiran naga dan tentunya seorang malaikat pelindung penyihir yang super ganteng.

Sihir adalah sesuatu yang alami. Sama seperti bermimpi. Memangnya salah kalau kita memliki kekuatan ekstra? Kalau ada yang berbeda dari diri kita

Ada satu adegan yang mengingatkanku pada salah satu episode di serial Charmed. Kalau ada yang pernah nonton Charmed pasti tahu episode waktu magic was down. Kekuatan sihir di dunia manusia ngga stabil karena sebuah peristiwa alam tertentu sehingga para Elders harus mengirimkan Unicorn (yang terkenal memiliki kekuatan sihir) pada Piper, Phoebe dan Paige untuk berjaga-jaga kalau-kalau ada Warlocks yang mengambil kesempatan menyerang The Charmed Ones saat mereka sedang ngga memiliki kekuatan sihir. Nah, ada adegan yang mirip di novel Dunia Aradia ini. Sebenarnya ngga masalah, sih, dan nggak benar-benar sama juga. Aku hanya ngga tahan untuk berkomentar soal ini karena aku ini penggemar berat serial Charmed *insert smiley face here*.

Banyak hal mengenai dunia sihir yang tidak diketahui masyarakat umum. Jadi, asumsi bahwa semua penyihir itu perempuan, seksi dan memiliki kekuatan superhebat seperti di serial Charmed, dapat tumbuh subur.
Intinya, aku suka sekali dengan novel ini. Sayangnya novel ini tipis banget. Adegan-adegan serunya jadi terburu-buru, kharisma Aradia sebagai Ratu Penyihir juga jadi kurang terkesplor. Hubungan Aradia dengan tokoh-tokoh penting lainnya juga jadi terasa biasa saja. Kalau diperbanyak sedikit lagi pasti jadi makin seru. Pokoknya aku rekomendasikan buku ini untuk kalian yang tertarik membaca cerita bertema sihir dari penulis Indonesia.

No comments:

Post a Comment