A Dandelion Wish - Xi Zhi



 
Judul : A Dandelion Wish
Penulis : Xi Zhi
Penerbit : Haru
Tahun Terbit : 2014
Halaman : 340









 



Hati Manusia sangatlah cepat berubah. Saat ini kau begitu mencintai seorang lelaki, tapi esoknya perasaan itu menghilang seperti debu. Saat ini kau begitu merindukan seseorang, tapi tahun depan rasanya hanya ingin melarikan diri saat bertemu dengannya. Hal tersebut sangat mungkin terjadi, kan? Pernikahan tidaklah sesuai untuk seorang manusia.


Summary
Bai Qian Xun adalah seorang dokter yang seperti mesin. Sangat pintar, tidak pernah berbuat kesalahan, kaku tidak memiliki perasaan. Pada suatu malam, dia menemukan seorang pria duduk di atas kap mobilnya. Pria asing itu berkata dia tidak punya uang maupun tempat tinggal dan memohon Bai Qian Xun membawanya pulang. Bai Qian Xun yang entah mengapa merasa iba padanya akhirnya membawa pria itu ke apartemennya.
Pria itu bernama Cheng Feng, pria yang sangat hangat dan terampil. Sebagai bayaran atas kebaikan Bai Qian Xun menampungnya di apartemen perempuan tiu, dia mengurus semua kebutuhan Qian Xun, membuatkan perempuan itu masakan yang enak, mencuci pakaiannya. Cheng Feng tidak mengatakan pada Bai Qian Xun bahwa sebenarnya dia hilang ingatan, Bai Qian Xun pun tidak peduli selama dia masih bisa memakan masakan lezat Cheng Feng. Namun, tanpa sengaja Cheng Feng membuat Bai Qian Xun merasa nyaman dengan kehadirannya, meruntuhkan tembok kekakuan perempuan itu hingga Bai Qian Xun tidak lagi menganggap Cheng Feng sebagai pengurus rumah tangga, tapi juga seseorang yang dicintainya.
Namun, saat Bai Qian Xun mengira dia sudah menemukan kebahagiaannya bersama Cheng Feng, Cheng Feng juga menemukan kembali ingatannya beserta segala hal yang telah dilupakannya selama ini. Dan Bai Qian Xun tahu, Cheng Feng harus kembali ke kehidupannya yang lama, dan di situ, tidak ada tempat bagi Bai Qian Xun.


Bai Qian Xun adalah wanita yang tidak mempunyai rasa aman.


My Review
Ceritanya manis, khas banget drama-drama Taiwan, dua orang asing, bertemu tanpa sengaja, langsung dekat satu sama lain, ribut-ribut sedikit karena karakter yang bertolak belakang. Padahal kalau di kehidupan nyata serem banget, ya, bawa-bawa orang asing pulang ke rumah mau seganteng apa juga :p Kalau lihat adegan seperti ini di drama, mungkin biasa-biasa saja. Tapi saat membacanya di novel, entah mengapa terasa agak janggal.
Aku suka karakter-karakter yang ada di novel ini. Ada Bai Qian Xun yang tough outside, troubled inside. Lalu ada Cheng Feng, dia itu tipe orang yang mudah sekali dicintai, ngga heran kalau Bai Qian Xun yang seperti mesin itu bisa menyukai Cheng Feng. Dan aku semakin jatuh cinta pada Cheng Feng di bagian akhir buku saat dia mulai mendapatkan kembali ingatannya. Terus ada dokter Xin He Qin, yang meskipun ngga terlalu banyak perannya di sini, tapi karakternya cukup menarik. Dan karakter favoritku, surprisingly jatuh pada Fang Ruo Ke. Entah kenapa, aku malah jadi bersimpati padanya.

Pria yang dikenalnya itu bernama Cheng Feng, walaupun pria itu sebenarnya juga tidak nyata

Konflik di buku ini munculnya agak lambat, di sekitar seperempat bagian terakhir dan penyelesaiannya juga cukup cepat. Meski tidak banyak pergolakan di bagian awal, jangan khawatir, ceritanya ngga membosankan, kok. Dari awal sampai akhirnya konflik memuncak,kita akan menyaksikan hubungan Bai Qian Xun dan Cheng Feng yang manis dan kadang konyol yang membuat cerita tetap menarik, sehingga saat membaca, aku bisa ikut merasakan betapa bahagianya Bai Qian Xun, betapa hidupnya menjadi sempurna saat cheng Feng hadir. Dan saat konflik memuncak, semua harapan yang sudah Bai Qian Xun bangun akhirnya diruntuhkan dan hatiku rasanya ikut sakit dengan Bai Qian Xun. Cerita menjadi sangat emosional di seperempat bagian terakhir dan hatiku rasanya seperti diaduk-aduk T_T.

Siapa yang akan tetap baik-baik saja saat kehilangan cinta

Overall
Meski ngga terlalu menyukai awal cerita ini, tapi selanjutnya cerita ini benar-benar membuatku terhibur. Hubungan Bai Qian Xun dan Cheng Feng juga semakin menarik dengan bumbu humor dan sikap ketus Bai Qian Xun. Ada beberapa bagian terjemahan yang agak kurang nyaman dibaca kalau menurutku, tapi ngga terlalu masalah karena aku suka ceritanya. Untuk kamu penggemar cerita romantis ala drama-drama Taiwan, aku sarankan kalian membaca buku ini. By the way, mudah-mudahan Penerbit Haru akan menerbitkan lebih banyak lagi novel Mandarin. Happy reading! :)

No comments:

Post a Comment