[Giveaway] Children & Young Adult's Lit Giveaway Hop


Halo, teman-teman. Siapa yang waktu kecil senang baca dongeng? Atau bahkan sampai sekarang juga masih suka? :D Sepertinya, masa kecil kita tidak lepas dari yang namanya dongeng. Mulai dari Cinderella, Little Mermaid, Putri Salju. Membaca dongeng pun punya banyak sekali manfaat. Dari dongeng, kita bisa belajar nilai-nilai kehidupan, that somehow good will triumph over evil. Bahkan, hobi membacaku pun datang dari dongeng-dongeng sederhana yang kubaca waktu kecil.


Nah, dalam rangka ultah BBI yang keempat dan juga untuk mengenang dongeng-dongeng favorit di masa kecil kita, aku, sebagai bagian dari kelompok Young Adult and Children Literature, akan memberikan buku Grimm's Fairy Tales dan buku The Little Mermaid and Other Stories untuk satu pemenang yang beruntung. Penampakan bukunya seperti ini :




Keterangan buku :
-Bahasa Inggris
-Hard Cover
-Koleksi Pribadi, kondisi sangat baik
-Isi buku :
  1. Grimm's Fairy Tales (237 halaman)Sleeping Beauty, Snow White, The Elves and The Shoemaker, Hansel and Gretel, Rumplestiltskin, Little Red Riding Hood, Rapunzel, The Golden Goose, The Princess and The Pea, Cinderella, Tom Thumb.
  2. The Little Mermaid and Other Stories (239 halaman) = The Pied Piper, The Little Mermaid, Prince Rabbit, The Horse and the Sword, The Constant Tin Soldier, The Princess and The Pea, Dick Whittington and His Cat, The Brave Little Tailor, The Seven Headed SErpent, the Two Brothers.
Gimana, tertarik nggak sama buku ini? Selain bisa belajar nilai-nilai kehidupan dari cerita-cerita dongeng di buku ini, kita bisa juga belajar bahasa Inggris. Buku ini cocok sekali untuk anak-anak yang mulai belajar bahasa Inggris karena kosakatanya tidak terlalu sulit :D Untuk kalian yang sudah punya anak atau adik yang ingin membaca dongeng, yuk ikutan giveaway ini.


Giveaway Rules :

gampang kok. Gabung aja lewat rafflecopter di bawah ini. Semakin banyak entry yang kalian masukkan, semakin besar pula kesempatan menang kalian.


a Rafflecopter giveaway



  Yuk, ikutan giveawaynya dan jadilah satu pemenang beruntung yang mendapatkan buku kece ini. Jangan lupa juga untuk ikutan giveaway di blog lainnya :D

 

24 comments:

  1. Hai, Kak Ivanaa~ Salam kenaal. :D
    Kalo saya paling suka baca Rapunzel, Kaaak. Pernah bersimpati sama penyihirnya, malah. XD
    Manfaat baca dongeng banyak banget!
    1. Melatih baca. Dulu saya suka banget baca koran pas weekend, trus digunting bagian dongengnya, dikoleksi. XD Kadang kalo Bapak nggak sengaja buang korannya, saya ngambek.
    2. Banyak nilai-nilai kehidupan yang tertanam di dalam novel. Jadi bisa belajar banyak hal tanpa digurui, dan tentu saja menyenangkaaan.
    3. Biasanya dongeng disertai ilustrasi, warna warni. Meningkatkan kemampuan otak kanan.
    4. Nah, kalo dongengnya nggak bergambar, malah bisa bikin ilustrasi sendiri dari ceritanya. Makin kreatif.
    5. Selain itu, anak-anak bahkan orang dewasa bisa menggunakan dongeng sebagai bahan story telling, untuk meningkatkan kecakapan berbahasa dan berbicara. Juga meningkatkan kepercayaan diri..

    Hehe, maaf ya, kak, kalo kepanjangan. XD
    Selamat ulang tahun BBI! :D Sukses selalu.
    Terima kasih udah diizinkan ikut GA-nya, Kak. :)

    ReplyDelete
  2. Salam kenal, Ivana :) Terima kasih buat GA-nya ya... Aku mupeng berat sama giveaway-nya hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dongeng favorit saya itu: The Little Mermaid. Saya sudah nonton kartunnya entah berapa puluh kali dan tetep aja nggak pernah bosen. Villain-nya keren, kepitingnya lucu, dan menceritakan kisah cinta antar dua dunia pula. Hehe...

      Menurut saya, manfaat dongeng itu untuk memberi harapan. Rasanya anak-anak akan lebih bahagia jika mengenal dunia dongeng. Mereka akan percaya akan kebaikan dan juga happy ending. Soalnya, kalau udah dewasa itu, impian indah bisa hancur saat dihadapi dengan realita. Tapi selama kita masih percaya pada dongeng, kita masih bisa berpikir positif :)

      Delete
  3. Tampaknya ini pertama kalinya berkunjung kemari. Salam kenal ya, kak Ivana. Dan wah... sudah punya novel sendiri :'D

    Well, untuk jawabannya... dongeng yang saya sejak kecil itu tidak ada, kecuali kalau cerita Doraemon itu bisa disebut dongeng. Tapi untuk saat ini saya suka itu Cinderella. Meski tiap ada kesempatan mainan cosplay, sukanya jadi Little Match-Boy (?) xD *langsung keingetan Shinchan*

    Kenapa Cinderella? Karena dia itu tabaaaah banget. Perlu dicontoh itu ketabahannya. Dan dia juga bukti bahwa kesabaran itu berbuah manis :')

    Untuk manfaatnya, sama seperti kak Sabrina Zee, menyalakan harapan. Dongeng memberi sematjam sugesti positif, bahwa di dunia yang... tampak suram dan, menurut banyak orang, sangat kejam, masih ada kemungkinan akan adanya kebahagiaan.

    ReplyDelete
  4. Ikutann^^
    Dongeng yang aku sering baca (dibacain) adalah Little Red Riding Hood. Entah kenapa, dulu aku suka banget denger cerita beginian. (Lupakan tentang disney/princess) Dari dulu, aku itu orangnya susah tidur (baca: insomnia) sampe sekarang T_T... Oya, saat aku udah SD (kelas 3/4) aku jadi rajin baca dongeng indonesia seperti: Jaka Tarub; Tangkuban Perahu (ehhh.. ini bisa disebut dongeng nggak sihh???)... Aku juga 'sudah' MEMBACA (bukan dibacain lagi hehe..) beberapa dongeng, Cinderella, Ariel pas SD... tentu saja, favoritku Cinderella :)
    Oya, buat aku. manfaat membaca dongeng: BUAT NGANTUK(ini yang paling bermanfaat), dan.. gimana ya jelasinn... sebagai manusiaa... aku punya 'saat-saat' dimana aku nggak tahu mau buat apa.. jadi, dongeng itu bisa 'ngebantu' aku untuk 'melewati (baca) 'masa suram' tersebut. kenapa? KARENA DONGENG TIDAK MENGANGKAT KONFLIK YANG BERAT, KADANGKALA, KONFLIK BERAT MALAH BIKIN AKU MAKIN NYESEK. ><

    ReplyDelete
  5. Suka sama Beauty and The Beast. Karena ketulusannya, karena dia tidak hanya memandang sesorang dari fisiknya tetapi hatinya. Itu salah satu sifat yang mesti ditanamkan. Dan itu salah satu dari membaca dongeng. Ada banyak nilai-nilai kehidupan yang bisa dipetik dari dongeng, walau dampaknya tidak secara langsung waktu kita membaca sewaktu kecil, tapi seteah besar pasti ada, karena kita sudah mulai mencernanya. Walau kehidupan tidak seperti cerita-cerita di dogeng, tapi dengan membacanya kita dapat menimbulkan harapan untuk diri sendiri yaitu mendapatkan kebahagiaan selama-lamanya.

    ReplyDelete
  6. Dongeng favorit waktu kecil gak jauh-jauh dari produk Disney. Hehehe.
    Aku suka banget sama Beauty & The Beast. Lagu-lagunya, kisah cintanya. Aku suka sama Belle bukan karena dia cantik dan baik hati saja, tapi karena dia cerdas, suka baca buku dan juga bisa membuat Beast berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

    Manfaat dongeng itu menghangatkan hati dan membangkitkan harapan bahwa ada hari esok yang lebih baik. Itu yang saya suka dari dongeng.

    BTW, salam kenal yah Ivana, ini pertama kali aku mampir ke blog kamu.

    ReplyDelete
  7. dongeng yang paling kusuka waktu kecil? nggak ada. hehe. aku suka semua dongeng, jadi nggak ada yang "paling". sayangnya, aku lebih kenal dongeng-dongeng luar negeri kayak Snow White, Cinderella, Heidi, dsb dibanding dongeng-dongeng dalam negeri. kayaknya dongeng dalam negeri yang kukenal waktu kecil cuma Bawang Merah dan Bawang Putih sama Asal Mula Salatiga. mungkin ini karena buku dongeng luar lebih mudah ditemukan.
    manfaat dongeng, menurutku melatih imajinasi dan berarti juga melatih otak dalam hal kemampuan berpikir. dari segi cerita, dongeng biasanya dibuat inspiratif dengan tokoh utama dibuat menderita lalu berjuang, dan terakhir happily ever after. yah, walaupun nggak semua dongeng happily ever after.

    ReplyDelete
  8. Dongeng favorit waktu aku masih kecil yaitu seri dongeng anak gambar sedunia, ada Putri Shirayuki, Kakek Penumbuh bunga, Tiga Babi Kecil, Gadis bersepatu merah dll, banyak serinya... waktu kecil aku belum bisa baca, dan sering kali liat gambarnya yang sangat bagus dan menarik..
    Mama ku dulu suka bacain buku dongeng bergambar tersebut...
    Jadi kangen sama buku-buku tersebut yang entah hilang kemana setelah 2 kali pindah rumah.
    Pas aku sudah mulai bisa baca, buku yang aku ingat pertama aku baca adalah Noody by Enid Blyton... bikin kangen banget masa kecil dulu kalo di inget2 lagi... :)

    ReplyDelete
  9. Oh ya ketinggalan manfaat dongeng :
    1.nkalau ceritanya sendiri Melatih otak kanan kita untuk lebih peka dan gambar dari dongeng tersebut melatih otak kiri kita agar lebih tajam .

    2. Melatih kita untuk bisa berimajinasi dan lebih kreatif.
    3. Membuat kita terutama anak kecil menjadi lebih cerdas melalui baca dongeng.
    4. Dongeng seringkali sarat dengan pesan moral, hal ini membuat kita atau anak2 yg membacanya menjadi lebih bersimpati terhadap sesama.
    5. Membuat kita belajar memacu diri untuk menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  10. Dongeng favorit aku waktu kecil itu banyak banget karena kebetulan sejak kecil aku udah suka baca. Aku suka mulai dari dongeng Indonesia kayak Bawang Merah Bawang Putih, Timun Mas, Keong Emas, Asal Mula Banyuwangi, Sangkuriang dan banyak lagi. Aku juga gemar membaca dongeng Eropa macam Cinderella, Snow White, Aurora, Rapunzel dan semamcamnya.

    Menurutku manfaat membaca dongeng itu sangat banyak, aku akan menjelaskan beberapa di antaranya :
    1. Membaca dongeng dapat melatih otak kanan dalam hal berimajinasi dan melatih otak kiri dalam hal saat kita membaca.
    2. Membuat anak-anak memiliki hobi baca sejak kecil sehingga saat dewasa kelak hobinya semakin berkembang dan dapat menambah wawasan.
    3. Membaca dongeng juga dapat menjadi sarana edukatif, jadi dapat belajar sambil membaca dongeng.
    4. Dalam dongeng juga terdapat kisah inspiratif yang dapat kita teladani seperti tolong menolong, dan selalu berbuat baik pada sesama :)

    ReplyDelete
  11. Dongeng Nusantara..

    Waktu itu, dongeng yang hadiah dari susu Dancow.. Aku suka ngumpulin itu.. Karena suka aja ceritanya.. Gak cuma cerita tapi terdapat pesan moral didalamnya..

    Paling ingat itu yang kisah zaman dulu rambut perempuan adalah barang paling berharga.. Tapi karena anaknya suka mengeluh karena hidup miskin, jadi dia potong rambutnya dan menjualnya.. Terus, kisah bidadari bulan yang turun dilangit.. Sama kancil dan si kacang panjang.. ^_^

    Soal manfaat.. Yaa itu tadi, dongeng itu gak cuma asal cerita aja.. Tapi, terdapat pesan moral didalamnya.. Yang sebenarnya kalo mikir lagi, memang pesan moral seperti jarang dilaksanain zaman sekarang..

    ReplyDelete
  12. Ikut giveawaynya ya kak..
    Waktu kecil, aku punya beberapa koleksi buku kumpulan cerita dongeng nusantara, jadi hampir sebagian cerita asli Indonesia ku baca dalam satu buku. Kalau cerita seperti cinderela, snow white itu aku baca di majalah.
    Yang paling berkesan itu Si Kancil dan Timun Emas. Keduanya tentang kecerdikan, tidak hanya mengandalkan otot tapi kemampuan otak juga. Dulu, aku sering membayangkan benda-benda di sekitarku bisa jadi senjata kalau aku dalam bahaya hehe..

    Manfaat dongeng itu sendiri menurutku sebagai salah satu sarana latihan belajar membaca yang tidak membosankan. Bisa juga berimajinasi tentang sesuatu dan yang paling penting hikmah cerita yang positif dapat diteladani serta dijaikan pedoman hidup bagi anak-anak.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  13. AAAkkkkkkk pengen banget bukunya!! Tiap main ke tobuk pasti ngeliatin rak dongeng. Pengennya sih dibawa pulang tapi apa daya duitnya nggak ada. Habis buku dongeng rata-rata berwarna dan hardcover, bikin mahhalll ><

    ReplyDelete
  14. Buku dongeng yang aku baca tuh dongeng nusantara-nya dancow. Yang paling aku ingat sih Pangeran Palasara si Lembut Hati yang pas bertapa beliau membiarkan burung membuat sarang di atas kepalanya. Terus kalo dongeng luar negeri sih palingan kayak Hans and Gretel, Putri Duyung, sama Penyihir Ozu.
    Manfaat membaca dongeng, terutama untuk anak kecil, tuh menurut saya bisa merancang minat baca. Dongeng kan identik sama gambar dan warna tuh, jadi bikin menarik. Selain itu banyak pelajaran yang bisa diambil. Terutama pelajaran tentang kemurahan hati dan keberanian

    ReplyDelete
  15. dulu aku punya kumpulan kisah dongeng luar negeri, dan yang paling berkesan adalah Bluebeard. Rada horor gitu juga bacanya, kan ceritanya si Bluebeard ini ngebunuh istri-istrinya dan disimpen di sebuah kamar. Ada retelling Bluebeard di bukunya Sara Cross (Kill Me Softly).
    Dongeng itu bisa dijadikan media mengenalkan anak-anak pada kegiatan membaca. Apalagi karena dongeng sebagian besar punya ending HEA, lebih menarik lah untuk anak-anak. Selain itu, dongeng juga bisa menjadi media mengajar (bagi para guru) pada muridnya, banyak yang bisa diajarkan seperti kejujuran, kebaikan hati, dan juga untuk mengajarkan kalau yang baik itu bisa mengalahkan yang jahat

    ReplyDelete
  16. yang paling favorit adaah trio detectif karena mengajarkan anak-anak untuk percaya diri, berani, dan bertanggung jawab

    ReplyDelete
  17. Wow, bikin ngiler hadiahnya <3
    Dongeng yang paling aku suka itu Sleeping Beauty~
    Alasannya sumpah dangkal tapi ya dulu namanya anak2 hehe. Paling demen sama cerita yang putri dan kerajaan gitu. Terus Aurora yang tinggal di hutan dan ketemu pangeran tampan. Kena kutukan tidur dan akhirnya dibangunkan oleh ciuman cinta sejati. Aih, dulu rasanya ini romantis banget.

    Menurut saya pribadi dongeng dapat menjadi senjata bermata dua, kalau salah digunakan anak-anak bisa salah asuh. Namun, jika dipakai dengan benar dapat menumbuhkan minat baca serta daya imajinasi anak. Di masa mendatang, akan sangat berguna untuk meumbuhkan mental positif pada anak seperti kesabaran, kebaikan hati, kasih sayang, keadilan, dan kebaikan lainnya :)

    ReplyDelete
  18. Dongeng yang paling disukai : Bawang merah bawang putih, cinderella,Pinokio dan masih banyak lagi. Dulu juga suka baca buku di perpustakaan sekolah yang legenda tiap daerah. Jadi legenda asal usul dan cerita daerah.
    Manfaat dongeng selain jadi suka membaca juga mengembangkan imajinasi pastinya. Anak anak bisa berkhayal setinggi langit kalau sudah baca dongeng.
    Selain itu dongeng juga mengajarkan kita agar lebih bijaksana, mengerti mana yang baik dan kurang baik, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  19. Waduh, masa kecilku jarang bertemu buku-buku dongeng :( *masa kecil kurang bacaan*
    Tapi waktu itu aku suka beli buku kayak komik gitu, yang tokohnya para Punakawan (Semar, Gareng, Petruk, Bagong) karya Tatang Sutarman. Ceritanya komedi, kadang campur horor juga :D Ahahahah.

    Manfaat membaca dongeng menurutku buat hiburan sih, khususnya untuk anak-anak. Eits, di dalam hiburan tersebut banyak terkandung nilai-nilai kehidupan yang bisa diambil oleh pembaca lho. Biasanya cerita dongeng mengajarkan kebaikan (kejujuran, rendah hati, tidak mendendam, rajin menabung, dan mampu ngelupain mantan *eh). Tentu saja dengan bahasa dan visualisasi yang menarik untuk anak-anak.

    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  20. selamat malam minggu kak :) Sambilmengisi kekosongan hati enaknya ikut GA di blog kaka aja deh.

    Aku suka sekali sama dong Hansel and Gretel. menurut kisah asli versi Grim bersaudara kisah hansel dan gretel tragis sekali karna mereka disiksa bahkan nyaris akan dikuliti oleh si nenek sihir penjaga rumah permen. Tapi dengan kekompakkan mereka akhirnya kedua bersaudara itu berhasil lolos deh.
    * Semua pun bersorak dengan riang '3')/

    1. Membaca dongeng bisa membuat kita awet muda.
    *Ini serius lho. Gak percaya? Jangan dicoba.
    2. Mengembangkan daya imajinasi kita.
    3. melatih kemampuan untuk bercerita dihadapan orang lain terutama anak-anak
    4. Membuat tidur lebih nyenyak
    *Apalagi ditemani secangkir susu
    5. Membuat kita selalu update dengan bahan cerita
    * Jadi gak perlu takut buat ngobrol dengan sesama pecinta buku


    Sudah dulu ya kak. kalau mau tau manfaat lainnya hubungi aja saya lebih lanjut.
    Contactnya udah ada kan? hehe
    *Pede abizzz


    Happy satnight dan arigatou gozaimasu :)

    ReplyDelete
  21. Dongeng yang saya suka itu salah satunya yang tentang balapan lari antara Kelinci dan Kura-Kura. Saya suka cerita dongeng-dongeng gitu tapi saya udah gainget baca apa lagi.

    Membaca dongeng manfaatnya: ngerefresh pikiran, bikin bahagia dengan hal yang sederhana, stok cerita buat anak kecil, ngelatih kita menyisipkan suatu nilai-nilai kehidupan melalui kesederhanaan. Kadang saya suka kepikir kalau pembuat cerita anak itu pahalanya banyak banget :D

    ReplyDelete
  22. E-s-t-a-f-e-t. Ya, mungkin kata itu yang kali pertama terlintas dipikiran saya saat mengingat bacaan dongeng yang pernah dibaca kala kecil. Oh, maaf. Maksudnya buku yang saya baca bukan berjudul "estafet". Tapi, apa yang pernah saya baca (dibacakan dongeng oleh alm. nenek) harus turun-temurun diwariskan ke generasi selanjutnya (adik-adik/ponakan saya). Itu artinya, jika dulu saya berperan sebagai pendengar yang baik, sekarang sudah saatnya belajar menjadi pencerita yang baik. Bagi saya, nenek adalah tokoh yang sangat berpengaruh besar terhadap kesukaan saya atas budaya membaca. dan karenanya semangat estafet itu harus tetap saya jaga. Meski sekarang sudah banyak dongeng-dongeng modern, bahkan itu saja tidak cukup. Adik-adik saya harus tahu juga dongeng/legenda maupun cerita rakyat Indonesia yang pernah dibacakan oleh nenek saya zaman dahulu. Si Kabayan, Sakadang monyet jeung sakadang peucang (bhs, sunda), Ciung Wanara dan masih banyak lagi cerita favorit saya. Sekali lagi, saya pikir mereka harus tahu dongeng pengantar tidur terindah yang selalu dibacakan oleh alm. nenek untuk saya.

    ReplyDelete
  23. Dongeng yang paling saya suka dulu, rasanya Timun Mas. Ceritanya tentang sepasang suami-istri yang bisa punya anak karena kekuatan raksasa, tapi sebagai gantinya, mereka harus menyerahkan si anak saat dia sudah beranjak dewasa.

    Manfaat membaca dongeng, rasanya banyak. Selain bisa mendekatkan anak dan orang tua (kalau baca bareng), juga bisa mengembangkan imajinasi si anak, dan melatih berbagai jenis kemampuan berpikir.

    ReplyDelete